Senin, 13 November 2023

Cyber Ethic

 

RESUME ETIKA 5


                        Nama           : Royhan Awwabi
                        NIM              : 232410103067
                        Prodi            : Informatika

  • Mata Kuliah : Etika Profesi
  • Materi : Cyber Ethic

    Kali ini saya akan membahas tentang apa saja yang saya dapatkan dari materi ke 5 dari mata kuliah Etika Profesi dengan judul materi Cyber Ethic yang diadakan oleh Universitas Jember. Dunia ini tentunya terus berkembang seiring perkembangan jaman. Dari terbentuknya awal peradaban, masa evolusi dan inovasi, hingga masa internet saat ini. Di masa internet ini informasi sangat mudah untuk didapatkan, biaya semakin murah, dan lain sebagainya.

Dunia Maya

Internet pasti sudah identik dengan yang namanya cyberspace atau dunia maya. Menurut Dysson (1994) cyberspace adalah suatu ekosistem bioelektronik di semua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial, fiber optik atau elektromagnetik waves. Pengguna internet pada masa lalu hanya terbatas pada kalangan orang teknis saja sehingga terkesan lebih mengerti aturan dan budaya meskipun tidak tertulis jika dibandingkan dengan pengguna internet sekarang yang datang dari latar belakang yang berbeda-beda.

Karakteristik

Karakteristik dunia maya ( Dysson : 1994) sebagai berikut :
  • Beroperasi secara virtual / maya
  • Dunia cyber selalu berubah dengan cepat
  • Dunia maya tidak mengenal batas-batas teritorial
  • Orang-orang yang hidup dalam dunia maya tersebut dapat melaksanakan aktivitas tanpa harus menunjukkan identitasnya
  • Informasi di dalamnya bersifat publik

Netiket

Netiquette atau yang diartikan ke bahasa indonesia menjadi Netiket adalah panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di internet. Dengan mematuhi aturan ini kita dapat terbantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus ada masalah apapun dengan orang lain. Netiket sendiri sebenarnya dalah dua kata yang dijadikan satu. Networks dan etiquette.

Aturan Inti

Netiket memiliki beberapa aturan inti seperti:

  • Kita semua manusia, bahkan saat berada di internet
  • Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata
  • Kita harus ingat dimana kita ketika sedang berinternet
  • Hormati orang lain yang sedang online

Pentingnya Etika Dunia Maya

Selain di kehidupan nyata, di dunia maya pun kita sangat penting dalam menggunakan etika. Kita harus ingat bahwa pengguna internet datang dari latar belakang yang berbeda-beda. Dengan berbagai macam fasilitas yang diberikan memungkinkan orang untuk melakukan perbuatan tidak etis di internet. Dan juga harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan terus bertambah setiap saat dan memungkinkan untuk masuknya “Penghuni” baru dunia maya.

Kebebasan Berekspresi

Hak atas ini merupakan salah satu hak yang paling penting bagi orang dimanapun berada. Hak kebebasan berekspresi hanya boleh dibatasi jika ungkapan baik lisan maupun tulisan tersebut tidak benar dan membahayakan orang lain. Membuat pernyataan yang salah tentang dugaan suatu fakta dan hal tersebut merugikan orang lain adalah suatu penghinaan.

Control

Maka dari itu dilakukan kontrol dengan:

  • UU Telekomunikasi disahkan menjadi hukum pada tahun 1996 di US
  • Internet Censorship. Suatu negara dapat melarang dalam wilayahnya untuk uploading ataupun downloading yang sekiranya bertentangan dengan kepentingannya.
  • The law of the server. Pendekatan ini dilakukan server dimana webpages berlokasi, dimana mereka dicatat data elektronik. Misal webpages yang berlokasi di suatu tempat harus patuh pada hukum tempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IT Forensic

  RESUME ETIKA 10                               Nama           : Royhan Awwabi                               NIM              : 232410103067...